Cara Memasak Sayur Pakcoy Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Cara Tepat Memasak Sayur Pakcoy Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Cara Memasak Sayur Pakcoy — Pakcoy atau bok choy (Brassica rapa Kelompok Chinensis; suku sawi-sawian atau Brassicaceae) merupakan jenis sayuran yang populer.

Orang-rang mengenalnya juga dengan sawi sendok ini mudah bagi kita membudidayakannya. Dan kita bisa memakan mentah-mentah tanpa kita merebusnya, cukup melayukannya dengan air panas. panas) Kita bisa mengolahnya juga smenjadi asinan.

Selain itu, pakcoy mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Kedua jenis vitamin ini memiliki peranan penting sebagai antioksidan dalam tubuh. Fungsi antioksidan itu sendiri adalah untuk melindungi sel-sel tubuh tetap sehat dan mencegah terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Cara Tepat Memasak Sayur Pakcoy Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Menyantapnya mentah-mentah sebagai lalapan atau memprosesnya dengan beragam metode memasak bukan masalah yang sulit saat memutuskan memasak sayur pakcoy. Akan tetapi Anda supaya tetap berhati-hati, pasalnya cara memasak sayuran yang tidak tepat akan membuat vitamin dan mineral pakcoy hilang.

[1] Dipanggang

Pembaca … Urusan memanggang tidak hanya untuk jenis daging-dagingan namun untuk sayuran hijau seperti pakcoy pun bisa. Kita bisa memanggang pakcoy menggunakan oven atau di atas kompor.

Untuk lebih sehat, tambahkan minyak zaitun atau minyak kanola terlebih dahulu, kemudian panggang sampai pakcoy berubah warna dan teksturnya menjadi renyah.

[2] Rebus

Merebusn pakcoy merupakan cara yang paling jamak orang lakukan saat mengolah sayur pakcoy serta cara paling mudah dan cepat dilakukan. Anda hanya menunggu air hingga mendidih baru kemudian memasukkan sayuran ke dalamnya.

Lalu tambahkan potongan-potongan baby bok choy atau pakcoy yang masih muda ke dalam panci dan masak bersama bahan-bahan lainnya hingga matang.

Satu mangkuk sayur pakcoy dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda tanpa meras kuatir nutrisi pakcoy akan hilang bersama uap mendidih atau larut bersama air.

Karena vitamin dan mineral yang larut air masih bisa Anda dapatkan dengan meminum air rebusan pakcoy dalam semangkuk sup. Sehingga kita tidak membuang manfaat pakcoy setelah selesai mengolah.

foto pelengkap artikel Cara Tepat Memasak Sayur Pakcoy Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang
Cara Tepat Memasak Sayur Pakcoy Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang (internet)

[3] Menumis

Jamak masyarakat yang menghindari metode memasak dengan cara menumisnya mengingat mereka takut kandungan gizi sayuran jadi cepat hilang. Namun sebenarnya menumis mampu mempertahankan kandungan vitamin dan mineral pakcoy dengan syarat menggunakan minyak yang sedikit.

Dan supaya menu masakannya jadi lebih sehat, tumis pakcoy dengan minyak zaitun atau minyak kanola dengan tambahan sumber protein lainnya; udang, daging ayam, jamur atau bakso guna memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

[4] Mengukus

Ini merupakan metode memasak yang terbaik untuk sayur pakcoy karena cara ini mampu mempertahankan kandungan menjaga vitamin dan mineral kandungannya tetap baik apalagi kandungan vitamin yang larut air.

Kita membutuhkan waktu 6 menit untuk mengukus pakcoy, Anda dapat menambahkan sedikit minyak zaitun, bawang putih, garam, dan lada ke dalam kukusan pakcoy supaya lebih lezat dan bernutrisi,

Sebelum mengukus pakcoy, pastikan sayur pakcoy dan bahan-bahan lainnya bersih dan cuci menggunakan air mengalir. Tujuannya guna mencegah sisa-sisa tanah atau bakteri masuk dan mengontaminasi masakan.

TAHUKAH ANDA? Pakcoy menempati peringkat ke-6 pada kategori buah dan sayuran padat yang gizi berdasarkan Aggregate Nutrient Density Index (ANDI), seperti penjelasan Medical News Today.


BACA JUGA: Cara Merebus Jagung Manis

PRAGITA ~ Portal Ragam Berita

One Reply to “Cara Memasak Sayur Pakcoy Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.