4 Teknik Nafas Saat Berenang

4 Teknik Atur Nafas Saat Berenang

4 Teknik Nafas Saat Berenang — Memiliki segudang manfaat, banyak orang memilih renang sebagai olahraga favorit dalam menyalurkan hobi. Selain itu, renang bisa menjadi pilihan untuk mencari ketenangan atau sekadar hiburan.

Akan tetapi, dalam menjalankan renang yang baik dan benar perlu adanya latihan secara intensif agar membuahkan hasil yang maksimal. Salah satunya diperlukan teknik mengatur nafas.  

Praktek berenang akan terasa ringan dan menyenangkan bila dilakukan dengan benar baik posisi ataupun mengatur pernafasan.  

Seperti saat menciptakan kantong udara di samping wajah saat berusaha mengambil udara. Untuk memaksimalkan nafas saat melakukan gerakan renang, perenang bisa menghembuskan nafas di dalam air.

Perenang supaya fokus pada saat pengambilan nafas dan tidak mengangkat kepala. Untuk lebih jelasnya, perhatikan 4 Teknik Nafas Saat Berenang berikut.

4 Teknik Nafas Saat Berenang

4 Teknik Atur Nafas Saat Berenang

  1. Lakukan praktek saat bernapas dengan memutar kepala Anda ke arah samping, tetap menjaga pengaturan nafas bawah di dalam air. Saat mengambil nafas tidak boleh melihat ke atas, tetapi melihat ke samping. Selama melakukan gaya renang, perenang supaya konsentrasi pada gerakan saat memutar tubuh, hal ini membantu saat mengatur pernapasan.
  2. Saat bernafas, perenang agar menghindari mengangkat kepalanya, tujuannya agar tetap bisa konsentrasi. Perenang agar meletakkan satu tangan di depan dan ke bawah lain di sisinya. Putar sekira sudut 45° di dalam air. Perenang agar melihat lurus ke bawah dan menendang. Putarlah kepala guna menemukan posisi ruang nafas yang benar.
  3. Latih bernapas pada satu sisi pertama. Lalu awali dengan mengambil napas pada setiap gerakan pada sisi di mana perenang bisa menemukan kenyamanan. Selanjutnya kuasai hingga terlatih pernapasan bilateral satu sisi. Latihan pernafasan bilateral berpeluang bagi perenang melakukan gerakan di garis lurus dengan baik.
  4. Perenang agar dapat menguasai teknik pernapasan bilateral. Stroke tiga kali dan bernapas ke dalam saku di satu sisi, lalu stroke tiga kali lagi dan bernapas ke dalam saku di sisi lain. Mungkin aja perenang akan mendapatkan air sampai hidungnya beberapa kali saat mencoba berlatih menguasai geraka ini. Adanya air masuk di sana sebab terdapat perbedaan tekanan antara air dan udara. Menghembuskan napas melalui pada kedua baik alat bernafas; hidung atau mulut membantu mengurangi asupan air ke dalam hidung.

Itulah informasi olahraga renang tentang 4 Teknik Atur Nafas Saat Berenang. Semoga dengan artikel kali ini bisa membantu para pembaca yang tengah belajar mengatur pernafasan khususnya dalam olahraga air, yaitu berenang. Semoga berhasil 🙂 


BACA JUGA: Trik Nafas Saat Bertanding Taekwondo

One Reply to “4 Teknik Nafas Saat Berenang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.