Tips Merawat Lantai Kayu Rumah Anda

Tips Merawat Lantai Kayu Rumah Anda - Menggunakan lantai kayu pada rumah memang menjadi favorit bagi banyak orang. Karena kehadirannya yang membuat suasana menjadi lebih alami dan menenangkan.

Tips Merawat Lantai Kayu Rumah Anda
Tips Merawat Lantai Kayu Rumah Anda
Selain itu, lantai kayu dipilih juga atas dasar pertimbangan mengenai harga papan kayu. Tapi ternyata, lantai kayu juga memerlukan beberapa perawatan khusus. Apa sajakah? Lihat di bawah ini!

[1] Bersihkan!

Tentu saja Anda pasti memang akan membersihkan lantai kayu di rumah Anda setiap harinya. Tapi jika hanya sekadar membersihkan, tentu rasanya akan kurang. Anda ternyata juga harus menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai tersebut. Lakukanlah hal ini kurang lebih seminggu sekali.

Hal ini tentu karena vacuum cleaner akan membersihkan lebih mendalam. Secara tidak sadar, banyak sekali debu dan pasir kecil yang terbawa oleh kaki Anda, yang menempel dan mengendap di kayu tersebut.

Lama kelamaan debu dan pasir yang menempel itu akan merusak lapisan luar kayu tersebut. Anda juga bisa menggunakan sikat atau kuas yang berukuran kecil untuk membersihkan daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau.

Cara lain untuk menghindari debu dan pasir kecil yang akan terbawa secara tidak langsung adalah dengan menempatkan keset kecil di beberapa bagian rumah. Pertama tentunya di bagian luar rumah, lalu letakkan juga beberapa di depan ruangan rumah Anda. Semakin banyak keset, semakin banyak debu dan pasir yang tidak akan terbawa dan menempel ke lantai kayu Anda.

[2] Tempat kering

Kayu memang membutuhkan kelembapan dan suhu yang tepat. Ketika kayu diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung akan membuatnya jadi lebih kering, bahkan menyusut dan menyebabkan keretakan pada kayu.

Sebaliknya, jika kelembapan pada tempat tersebut tinggi, maka akan sangat mudah untuk jamur dan serangga untuk tumbuh dan berkembang biak. Jaga kondisi ruangan agar bisa tetap pada suhu yang normal dan jangan membiarkan udaranya menjadi sangat lembap atau sangat kering.

[3] Hindari air

Air memang akan meninggalkan bekas tertentu pada permukaan kayu. Terutama jika terkena air hujan dengan intensitas yang tinggi. Hindari agar kayu tidak melakukan kontak langsung dengan air.

Namun, jika sudah terkena air, keringkan dengan segera. Karena jika dibiarkan begitu saja, air tersebut akan meninggalkan noda secara permanen dan akan merusak tampilan kayu tersebut. Tapi tenang saja, bekas noda tersebut bisa dihilangkan dengan cara mengoleskan campuran pasta gigi dan baking soda pada permukaan kayu tersebut.

[4] Bersihkan dengan teh

Kayu yang mengilap tentu akan membuatnya terlihat lebih indah. Kandungan asam pada teh ternyata dapat membuat bahan dari kayu lebih mengilap. Caranya pun sangat mudah, gunakan kain untuk mengelap permukaan kayu dengan air rebusan teh dan biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Ini juga bisa Anda lakukan pada furnitur lainnya yang terbuat dari bahan baku kayu.

[5] Gunakan karpet

Selain memang digunakan untuk mempercantik ruangan, karpet juga membuat lantai kayu Anda lebih terlindungi dari goresan-goresan yang mungkin akan terjadi. Semakin sering Anda memindahkan furnitur seperti kayu, atau mungkin menggeser-geser meja tentu akan menimbulkan goresan-goresan pada lantai kayu Anda.

Tentunya, hal ini akan membuat lantai Anda terlihat tidak sempurna. Karena itu, gunakan karpet untuk melapisi lantai kayu dan untuk menghindari adanya cacat pada kayu. Letakkan karpet pada tempat yang tepat.

Terutama simpan di daerah yang sering dilewati dan sering terjadi perpindahan furnitur seperti di daerah ruang makan. Selain itu, Anda juga bisa menghindari kebiasaan menyeret-nyeret kursi dan meja. Biasakan untuk mengangkatnya bukan menyeretnya saat sedang memindahkan posisinya. [w3/06-michele]
Diberdayakan oleh Blogger.