Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Sejarah Oven Listrik

Pembaca, tahukah Anda, siapa penemu microwave atau oven listrik? Melansir catatan sebuah portal pengetahuan umum di internet, disebutkan bahwa kotak kecil sebagai alat bantu bagi siapa pun yang tengah membuat makanan di dapur ini ditemukan oleh seorang pria.

Penemu oven listrik ini bernama Percy LeBaron Spencer seorang pria putus sekolah namun memiliki kecerdasan yang istimewa sehingga disebut sebagai insinyur autodidak. Waktu itu, Spencer bekerja pada sebuah korporasi yang bergerak di bidang microwave.
Sejarah Oven Listrik
Sejarah Oven Listrik: Percy LeBaron Spencer dan oven listrik yang ditemukannya [internet]
Nama perusahaan tempat dirinya bekerja adalah Reytheon Corp, di tempat inilah Spencer berjibaku dengan magnetron - alat yang mampu menghasilkan arus radiasi gelombang pendek yang hari ini disebut dengan microwave.

Awal penemuan dari oven listrik yang dialami oleh Spencer terbilang cukup unik. Saat ia tengah berada di laboratorium - tempat dirinya bekerja seperti biasanya, tiba-tiba cokelat yang berada di saku celananya meleleh. Di saat heran, Spencer mencoba dengan makanan lain - lalu ia dekatkan segunduk biji jagung dan berubah menjadi popcorn. Dan pernah ia terkejut ketika mendekatkan sebutir telur yang meledak saat didekatkan dengan alat yang hari ini kita sebut oven listrik tersebut.

Dari kejadian ini memunculkan ide penemuan bagi Spencer, ia pun membuat sebuah kotak besi (maksudnya oven listrik) yang diberi alat berupa arus gelombang pendek panas. Energi yang masuk ke dalam oven listrik tersebut akan terkumpul dan membentuk arus panas dan bisa sebagai alat untuk mematangkan makanan mentah.

Dari temuannya ini, Spencer menyadari bahwa oven listrik dapat memasak lebih cepat dibandingkan dengan bara api konvensional. Pada 1945, penemuannya ini dipatenkannya. Sejak saat itulah, Spencer dikenal sebagai penemu oven listrik atau microwave.

Dua tahun kemudian, oven listrik yang ditemukan oleh Spencer diujicoba untuk dipasarkan secara komersil, ia mencoba bekerjasama dengan sebuah restoran di kota Boston. Pada 1948, perusahaan yang menggaji Spencer akhirnya meluncurkan produk oven listrik untuk kali pertama secara massal yang dinamai dengan Microwave Radarange 1161.

Oven listrik Radarange 1161 ini cukup tinggi dan besar (tinggi 2 meter), bobotnya saja mencapai 340 kg! Namun, pasar terbilang bisa menerima kehadiran oven listrik tersebut. Dan guna mengantisipasi panas yang berlebihan (over heat), Raytheon Corp membuat mesin pendingin dengan media air pada Radarange 1161 ini.

Seiring dengan perjalanannya, masyarakat saat itu mulai terbiasa mengolah makanan dengan menggunakan oven listrik. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan yang mengolah kopi atau kacang. Tidak saja bagi perusahaan di sektor makanan, perusahaan seperti keramik, kertas serta tekstil pun mulai melirik kehadiran microwave serba guna tersebut.
Unit Oven Listrik yang dibesut oleh Radarange [internet]
Pada 1955, Tappan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perabotan rumah tangga moderen mulai memproduksi oven listrik untuk skala rumah tangga. Namun karena dimensinya yang cukup besar lumayan memakan tempat ditambah lagi dengan harga yang terbilang fantastis; $1.295 - menjadikan produk ini jeblok di pasaran.

Sepuluh tahun kemudian, Radarange kembali hadir dengan oven listrik di pasaran. Dan pada 1967, perusahaan tempat Radarange diproduksi berhasil membuat microwave atau oven listrik murah dengan ukuran compact; kecil dengan harga terjangkau oleh masyarakat sana ($500).
Nah, itulah sekilas informasi mengenai Sejarah Oven Listrik yang dapat Pragita uraikan. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan pembaca - silakan di-share kalau dirasa perlu atau monggo komentar bila ingin berpendapat. 

Dan bagi pembaca yang penasaran dengan oven listrik terbaru, bisa mengunjungi MatahariMall.com sekarang juga – di sana banyak sekali pilihan oven listrik terbaru atau yang tengah promosi diskon. [w4/05-bp]