Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Siasat Tepat Agar Bebas Hambatan Saat Mudik dan Lebaran

Menyitat pemberitaan di portal berita, bahwa setiap datang momen mudik dan lebaran - pemerintah selalu dihadapkan pada persoalan adanya titik-titik menjadi daerah rawan kemacetan. Seperti yang diberitakan oleh portal berita detik, bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengupayakan penanganan agar bisa menghalau kemacetan di daerah Pantura (pantai utara).

Dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran, Kemenhub seperti tahun-tahun sebelumnya, sedari sekarang menyiapkan program mudik gratis dengan bus dan kereta api. Selain itu, Kemenhub pun berencana menurunkan kapal Roll on-roll out (roro) untuk angkut motor pemudik dari Jakarta ke Semarang.

Hal ini dikemukakan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto kepada para wartawan, "Kami lakukan adanya sosialisasi dengan mudik gratis dengan kereta api, itu sudah mulai, kemudian menggunakan bus dan sepeda motornya naik truk."

"Dan informasi baiknya dan terbaru adalah program mudik gratis, mekanismenya sepeda motor akan diangkut ke kapal Roro dari Jakarta ke Semarang. Hal ini sesuai dengan perintah Menteri dalam rangka mengurangi beban di jalur Pantura," tambah Pudji di Kementerian Perhubungan.

Upaya lain yang dilakukan oleh Kemenhub guna mengantisipasi kemacetan adalah dengan melakukan rapat koordinasi dan survei lokasi bersama-sama menteri dan Polri. Selain itu, pihaknya (Pudji-red) akan menambah rambu-rambu di jalur alternatif.

Dari pengamatan di lapangan diperoleh hasil bahwa masih perlu ada penambahan rambu-rambu karena ada jalan alternatif, beberapa jalan tol masih terus dirampungkan. Dan urusan jalan tol merupakan ranah kementerian PUPR (Menurut perhitungan jalan tol Brebes akan rampung hingga Pemalang). 

Upaya lain yang juga tengah dikerjakan oleh Kemenhub adalah melakukan kerjasama dengan Organda guna menarik pemudik supaya memanfaatkan transportasi bus. Harapannya ini bisa sebagai Siasat Tepat Agar Bebas Hambatan Saat Mudik dan Lebaran.

Kita pun sebagai masyarakat yang kerap mengalami hambatan saat mudik dan lebaran supaya bisa mengatur strategi atau siasat tersebut.

Siasat Tepat Agar Bebas Hambatan Saat Mudik dan Lebaran
Siasat Tepat Agar Bebas Hambatan Saat Mudik dan Lebaran

Siasat Tepat Agar Bebas Hambatan Saat Mudik dan Lebaran

Apa saja sih yang bisa dilakukan dalam mengatur siasat tepat agar bebas hambatan saat mudik dan lebaran? Perhatikan uraian berikut ini.

[1] Kirim Buah Tangan (oleh-oleh) Jauh-jauh Hari Sebelum Mudik
Adalah hal yang lumrah bila Anda mempunyai banyak sekali barang bawaan yang mau tidak mau harus menemani saat melakukan mudik, seperti; buah tangan (oleh-oleh) -misalnya. Selama perjalanan, tentu saja cukup merepotkan bila kuantiti oleh-oleh yang kita bawa banyak. Anda coba bayangkan, saat harus memboyongnya ke dalam kereta api padahal sudah dibantu oleh tenaga portir yang ada di stasiun.
SEKILAS INFO: Untuk Anda yang tengah mencari loket Jual Tiket Kereta, bisa menghubungi halaman web blibli. Dapatkan potongan harga hingga 30 ribu rupiah!
Pun saat mudik dengan menggunakan pesawat terbang, kita akan menjumpai masalah sebab barang bawaan terlalu banyak. Pasalnya, barang bawaan melebihi volume yang harus masuk ke bagasi gratis yang telah disediakan oleh maskapai,

Namun jika hal tersebut bukan sebuah masalah berarti Anda memang sudah mempersiapkan anggaran guna membayar biaya kelebihan bagasi. Biaya tambahan tersebut umumnya dihitung per kilogram dan tarifnya disesuaikan dengan kebijakan masing-masing maskapai.

Nah, untuk itu kita harus mengetahui cara-cara mengatasi masalah ini. Caranya, Alangkah baiknya Anda mengirimkan buah tangan (oleh-oleh) via jasa pos pada dua hari sebelumnya (H-2) pada minggu sebelum waktu keberangkatan.

H-2 minggu sebelum keberangkatan telah dianggap waktu yang ideal, pasalnya pada waktu hari H (Lebaran) arus pengiriman barang akan sangat sibuk ditambah barang-barang perlu persiapan waktu yang lebih lama agar sampai di tangan penerima.

[2] Belilah Tiket Pesawat pada Tempat yang Mudah Mengubah Jadwalnya
Bagi pembaca yang memang seorang pekerja kantoran,mengurus proses mudik lebaran sangat berhubungan dengan jadwal cuti yang diajukan ke perusahaan. Apabila pengajuan cuti sudah disetujui saat ini, Anda tak perlu risau.

Sebaliknya jika Anda masih belum mendapatkan keputusan ijin untuk cuti, maka ini adalah masalah. Dilematis ketika Anda tetap ingin membeli tiket pesawat untuk mudik sedari sekarang. Ini perlu mengatur siasat.

Siasatnya adalah dengan memilih tempat penjualan tiket pesawat yang tepat dan memudahkan Anda dalam mengubah jadwal penerbangan nantinya.

Siasat Tepat Agar Bebas Hambatan Saat Mudik dan Lebaran

Biasanya kita menjumpai tempat penjualan tiket pesawat yang memiliki fitur easy reschedule (mengubah jadwal penerbangan sesuai kebutuhan. Pelanggan dapat dengan mudah mengubah jadwal terbang satu orang di antara tiket pesawat rombongan yang sudah dibeli. Selain itu, Anda juga dapat mengubah jadwal penerbangan Pulang Pergi secara terpisah - contohnya: hanya mengubah jadwal pulang saja.)

[3] Jangan Terpaku dengan Uang THR
Maksudnya Anda tidak hanya mengandalkan uang THR (Tunjangan Hari Raya). Lazim terjadi, uang THR adalah andalan sebagian orang untuk keperluan Lebaran. Padahal, walaupun di saat memasuki masa Lebaran, Anda memperoleh gaji 2 kali lipat - alangkah baiknya Anda memiliki tabungan lain sebagai back-up saat memenuhi keperluan Lebaran.

Saat Lebaran, biasanya semua orang termasuk Anda sudah menuliskan daftar alokasi pengeluaran di momen hari raya. Daftar pengeluaran tersebut, mulai dari uang, pakaian baru, sedekah hingga jajanan Lebaran.

Nah bisa dibayangkan apabila saat itu anda hanya mengandalkan THR? Sangat besar kemungkinannya Anda akan menjumpai persoalan dalam mengalokasikan uang yang terbatas jumlahnya.

Itulah sekilas informasi sebagai berita dan juga cara sebagai solusi saat mempersiapkan diri kita untuk mudik dan lebaran Idul Fitri 1 - 2 Syawal 1438 H. [w1/05-bb]