Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Melatih Pernafasan dengan Menari

Melatih Pernafasan dengan Menari - Setiap orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia tari tentunya akan mendapatkan banyak manfaat, pasalnya belajar menari bagi anak anak akan menjadi aktifitas kreatif, membangun (konstruktif).

Seseorang ketika menari, ia tidak hanya sekadar menghapal gerakan mengikuti irama, akan tetapi ia pun menyelaraskan hati dengan apa yang ingin dipertontonkan.

Apabila tarian telah disampaikan dengan baik maka penikmatnya akan merasa senang. Begitupun dengan si penarinya itu sendiri. Selain menyenangkan, menari bisa membuat badan yang melakukannya menjadi sehat.

Sehingga bagi mereka yang ogah-ogahan alias malas untuk nge-gym, berenang atau jogging - maka menari bisa menjadi pilihan strategis. Untuk itu, kenapa tidak menjadikan menari sebagai sarana berolahraga.

Melatih Pernafasan dengan Menari
Melatih Pernafasan dengan Menari

Melatih Pernafasan dengan Menari

Bicara kesehatan dan olahraga yang berhubungan dengan menari, setidaknya ada tiga manfaat yang bisa dipetik dari gerakan tari.

  1. Mencegah Kepikunan. Hal ini terbukti bahwa menari mampu meningkatkan konsentrasi dan menjauhkan manusia dari kepikunan. Melansir The New England Journal of Medicine disebutkan bahwa menari dapat mengembalikan volume hipokampus (bagian otak yang mengatur ingatan) yang sempat hilang.
  2. Melatih Kelenturan Tubuh. Dengan sering melakukan menari maka tubuh seseorang menjadi lebih lentur serta melatih pernafasan. Ada 2 (dua) manfaat dari memiliki tubuh lentur dan terbiasa mengatur pernafasan, yaitu; meminimalisir resiko cedera dan selain berbadan lentur, tubuh penari menjadi berotot namun enak dipandang (tidak nampak seram).
  3. Mengurangi Stres. Menyitat informasi yang dirilis oleh  Journal of Applied Gerontology, menari mampu mengusir stres pasalnya menari dapat menghilangkan hormon kortisol yang lazim sebagai pemicu stres.

TAHUKAH ANDA? Hari Tari Dunia jatuh pada 29 April, di hari ini warga dunia memanfaatkan momentumnya dengan menampilkan keindahan seni tari dari budayanya masing-masing.
Selain itu menari pun mampu menumbuhkan intensitas emosional. Sehingga dengan menari seseorang tidak saja melakukan kegiatan reaktif serta sebuah terapi melainkan mampu menjadi media mengungkapkan ekspresi dan prilaku estetis alias mempertunjukan kemampuan berkesenian yang sarat akan keindahan.