Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung #opini

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung - Sebelum dilanjutkan, mari kita kaji ulang definisinya. Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan. Orang yang menyumbangkan atau pemberi darah disebut dengan pendonor.

Lantas timbul pertanyaan, "Apa sih pentingnya donor darah?" Sangat penting sekali - dengan menumbangkan darah, kita bisa membantu menyelamatkan nyawa banyak orang yang sedang membutuhkan transfusi darah, seperti kecelakaan, transplatasi organ, atau memiliki penyakit (kanker, anemia dan lain-lain).

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung

Sedangkan bagi pendonornya sendiri, manfaatnya (kepentingannya) adalah mampu menunjang kesehatan dirinya. Selain batasan usia pendonor harus 17 tahun ke atas, pendonor pun harus memiliki kesehatan jasmani yang baik sebelum melakukan pendonoran.

Batas maksimal seseorang melakukan donor darah adalah 90 hari dari waktu terakhir ia mendonorkan darahnya. Pasalnya, dalam kurun waktu 90 hari, sel-sel darah manusia harus bergenerasi membentuk sel darah baru.

Hari ini di Indonesia khususnya warga Bandung banyak yang menjadi pendonor darah. Mereka memiliki latar belakang yang beragam, salah satunya masih memegang status pelajar. Berikut ini beberapa opini yang diutarakan oleh para pelajar tentang pentingnya donor darah.

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung

[1] Ramadita Aisyah Putri ~ Berbagi kebaikan
Menurut siswi kelas 8e SMPN 14 Bandung ini menyebutkan bahwa, "Pentingnya donor darah karena kita bisa berbagi kebaikan kepada orang lain."

"Dan kita bisa mendapatkan manfaat (kesehatan) dari donor darah tersebut," tambahnya.

[2] Ra'afi Baida Insani ~ Satu tetes darah saja penting bagi mereka (yang membutuhkan)
Sementara itu, siswi kelas 7 SMPN 48 Bandung ini menyampaikan pendapatnya bahwa, "Donor darah itu penting karena satu tetes darah yang kita miliki dan diberikan kepada orang lain yang sedang membutuhkan." 

[3] Elma Citra Maylia ~ Akan ada darah baru dalam tubuh.
Siswi kelas 8b SMPN 10 Bandung ini beropini bahwa, "Donor darah penting buat kesehatan. Sebab di saat kita mendonorkan darah kepada orang yang sedang membutuhkan akan ada darah baru di tubuh kita.

[4] Meshania Ananda Putri ~ Kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain.
Lain lagi dengan pendapat siswi kelas XI MIPA 3 SMAN 21 Bandung ini. Menurutnya, "Donor darah penting karena kita bisa menolong orang lain yang tengah kekurangan darah. Misalnya; ada yang kecelakaan lalu membutuhkan darah agar tetap bertahan hidup. Jadi kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain."

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung

Itulah sekilas artikel kegiatan sosial dan kesehatan seputar pendapat para pelajar putri dari sekolah yang ada di Bandung yang berpendapat tentang pentingnya donnor darah.

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung #opini

Pentingnya Donor Darah Menurut Masyarakat Bandung
Semoga dengan hadirnya artikel ini mampu memotivasi pembaca untuk turut pula dalam kegiatan donor darah di daerahnya masing-masing.
Sosial Media pusat informasi Donor Darah Bandung bisa dipantau melalui twitter: https://twitter.com/dondarbdg

Sumber: Rubrik Teenager - Tribun Jabar (Rabu, 18 Januari 2017