Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Inilah Ciri-Ciri Jantung Anda Normal Berdasarkan Usia

Inilah Ciri-Ciri Jantung Anda Normal Berdasarkan Usia - Menurut pakar kesehatan, detak jantung menentukan apakah seseorang kondisinya sehat atau perlu penyembuhan atau beristirahat karena terlalu keras bekerja.

Inilah Ciri-Ciri Jantung Anda Normal Berdasarkan Usia

Sesuatu yang berlebihan tentunya berpangkal tidak baik termasuk dalam berolahraga. Walaupun olahraga bermanfaat bagi kesehatan pelakunya namun jika dilakukan terlalu berlebihan akan berimbas tidak baik bagi tubuh. Misalnya; sistem pernafasan menjadi terganggu (nafas menjadi pendek) serta jantung berdetak dengan tidak normal.

Untuk itu, sebaiknya ketika berolahraga ada baiknya setiap orang memerhatikan detak jantung. Cara yang paling mudah, dengan melakukan tes latihan sistem gradasi atau bertahap. Apabila menurut penilaian dokter terbukti bahwa badan kita memiliki kondisi medis tertentu maka jangan lupa untuk berkonsultasi.

Pasalnya, pengobatan atau kondisi medis seseorang yang akan berolahraga sangat memengaruhi batas maksimal detak jantungnya. Sehingga apabila kita rutin berolahraga, mengetahui serta memperhatikan baik-baik saran tersebut di atas tentunya sudah bisa mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Contohnya; kita menjadi lebih memahami kapan harus menurunkan akselerasi laju gerakan atau kapan harus meningkatkannya.

Inilah Ciri-Ciri Jantung Anda Normal Berdasarkan Usia

Dengan disiplin menjalani semua peraturan yang sudah disesuaikan dengan saran dokter maka berolahraga akan terasa manfaatnya. Dan berikut ini panduan mengenai detak jantung berdasarkan usia manusia:

  • Usia 40 - 45 tahun detak jantung normalnya adalah 85 hingga 155 detak per menit,
  • Usia 50 - 55 tahun detak jantung normalnya adalah 80 hingga 145 detak per menit,
  • Usia 60 - 65 tahun detak jantung normalnya adalah 75 hingga 135 detak per menit,
  • Usia 70 tahun detak jantung normalnya adalah 75 hingga 130 detak per menit,

Simpul singkatnya, detak jantung dapat sebagai indikator bahwa seseorang melakukan aktifitas terlalu hebat atau tidak? Detak jantung yang terbilang normal saat berolahraga perlu pula dikenali supaya bisa diantisipasi tidak terlalu diporsir dalam melakukannya. [w4/02]