9 Fakta tentang Madu (Bagian 2)

9 Fakta tentang Madu (Bagian 2) - Ingin meningkatkan daya ingat? Atau ingin membasmi ketombe? Coba aja mengkonsumsi madu! Sifat madu sebagai media penyembuhan telah dianalisis sejak zaman kuno.

Sejak itulah banyak sekali kajian dan penemuan lmu pengetahuan yang terus berkembang dan menemukan fakta bahwa bagitu banyak sekali pengaruh madu dalam hidup dan tubuh kita.

9 Fakta tentang Madu (Bagian 2)

Berikut ini 9 fakta tentang madu ditinjau dari sisi kesehatan secara khusus.

[1] Meningkatkan daya ingat 

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Reuters, menyebutkan bahwa dari 102 wanita yang sudah memasuki fase menopause, guna menjaga kesehatan tubuhnya (di usia seperti itu) sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari.

Lakukan secara rutin jangan sampai bosan. Setelah empat bulan dari membiasakan minum madu, wanita yang melakukannya mampu menghafal kata-kata yang dilakukan sebelum minum madu dan hasilnya cukup berhasil (wanita-wanita memiliki daya ingat kuat dan mampu menghafal).

[2] Madu bisa sebagai pembersih luka

Madu berperan sebagai obat pembersih luka alias sterilisasi pada luka. Kemampuan ini telah dibuktikan di banyak penelitian - salah satunya seperti yang dilakukan belum lama ini di Norwegia, madu digunakan pada luka terbuka dan berhasil membersihkan luka serta membunuh semua bakteri dalam luka yang terinfeksi dalam tempo cukup seminggu saja. Mekanisme sterilisasi luka dengan madu, yaitu perban diberi madu lalu diperbankan pada luka, kemudian ganti perban tersebut dua kali per hari.

[3] Kandungan kalori madu sangat bergizi

Madu mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti; vitamin dan garam (niacin), rokiflavini, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan lain-lain.

[4] Madu meningkatkan kekebalan (pertahanan) tubuh

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic menyebutkan bahwa madu mampu meningkatkan penciptaan sel darah putih. Sel inilah yang bertanggung jawab saat tubuh perlu pertahanan. Selain itu studi ini pun melaporkan bahwa madu membantu meringankan pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Dengan mengkonsumsi dua sendok makan madu sehari maka tubuh bisa terlindung dari efek negatif yang dibawa oleh sel-sel darah putih (leukopenia).
Leukopenia adalah jumlah sel darah putih rendah yang turun di bawah 4.000 sel per mikroliter.

[5] Madu mampu mengusir gejala Alergi tubuh seseorang

Banyak orang yang memanfaatkan madu guna memerangi alergi yang menyerang sewaktu-waktu pada tubuh manusia (musiman). Kemungkinan hingga hari ini masih belum ada penelitian, namun faktanya menyebutkan bahwa madu memiliki asupan sejumlah kecil serbuk sari yang dibawa oleh lebah, inilah yang lantas diketahui kandungannya mampu membuat sistem kekebalan tubuh.

9 Fakta tentang Madu (Bagian 2)

[6] Madu pembunuh bakteri yang handal

Hasil dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa madu mampu membunuh bakteri yang ditemukan dalam makanan semisal; Salmonella dan E. coli dan E. coli.
Salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne (keracunan makanan sebab ada ada penyakit dalam tubuh seseorang).

[7] Mengurangi mabuk karena pengaruh alkohol

Bagi mereka yang memiliki kecanduan minum air yang memabukan (alkohol), hasil dari sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pemabuk yang mengkonsumsi madu akan terbantu saat pemulihan metabolisme tubuh karena madu mampu mengusir alkohol lebih cepat.

[8] Madu sebagai "bahan bakar" tubuh manusia 

Bagi para olahrawagan yang tengah berlatih pastinya selalu menyertakan madu setiap saat berolahraga atau latihan. Sebab sudah menjadi rahasia umum para atlit bahwa madu bisa menjadi tambahan "bahan bakar" saat berlatih.

9 Fakta tentang Madu (Bagian 2)

9 Fakta tentang Madu (Bagian 2)

Sudah menjadi semacam persyaratan dalam berlatih, para olahragawan akan selalu membawa madu dalam program mereka. Sebagai "bahan bakar", madu tentunya dibutuhkan sebab kandungan kalori dalam madu disinyalir, kuantitinya jauh lebih sedikit dibandingkan yang terkandung di dalam minuman berenergi yang sarat dengan kandungan gula buatan.

[9] Madu dapat mengurangi ketombe dan meningkatkan kesehatan kulit kepala

Dalam sebuah studi yang diterbitkan, menyebutkan bahwa pasien dengan masalah kulit di kepala sebut saja; ketombe serta rambut rontok, telah bersaksi bahwa dengan penggunaan madu yang dilarutkan dalam air setiap hari mampu mengurangi gatal-gatal serta ketombe bahkan dapat membersihkan kulit kepala bahkan sebagian orang telah merasakan manfaat bahwa madu bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala mereka.

Itu saja barangkali yang bisa diuraikan dalam artikel 9 Fakta tentang madu bagian kedua. Semoga bermanfaat :)
Diberdayakan oleh Blogger.