Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

8 Olahraga Populer di 2017

Hari ini berolahraga telah menjadi gaya hidup (lifestyle) yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan rutin masyarakat. Dalam perkembangannya, jamak olahraga di Indonesia yang memiliki popularitas dengan cukup pesat.

Beragam olahraga asli Indonesia baik itu hasil dari adaptasi negera lain atau lokal menjadi pilihan bagi setiap orang guna menjaga tubuhnya agar senantiasa sehat dan bugar.

Dan di setiap melakukan kegiatan olahraga tentu saja memerlukan pernafasan yang terlatih. Bagaimana agar kita bisa menguasai pernafasan yang terlatih? Pembaca dapat meluangkan waktu untuk membaca artikel Pragita sebelumnya, yaitu: HUBUNGAN ANTARA NAFAS & EMOSI.

Berikut ini langsung saja kami sajikan artikel tentang 8 Olahraga Populer di 2017. Kedelapan aktifitas gerak yang bisa menyehatkan badan dan melatih pernafasan tersebut, antara lain;

[1] Fitnes

Fitnes berarti olah raga untuk agar badan memiliki stamina ideal. Caranya dengan membakar lemak, serta fokus pada pembentukan otot tubuh dan juga bagian tubuh lain sesuai yang diinginkan.

Fitnes sangat bagus sebab olahraga ini bila dikerjakan secara rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak saja mampu membentuk otot tapi juga dapat menurunkan berat.
TAHUKAH ANDA? Ada dua jenis fitnes yaitu latihan kardio dan latihan beban. 
Yang pertama, fitnes yang fokus latihan kardio. Jamak orang yang menafsirkan latihan kardio sebagai latihan guna menurunkan berat badan. Benar sih ... Salah satu manfaat latihan kardio yaitu guna menurunkan
berat badan. Tapi, sejatinya fitnes yang fokus latihan kardio adalah guna melatih kesehatan jantung.

(Latihan) Kardio dipetik dari kata cardio yang bermakna jantung. Praktek latihan fitnes kardio, yaitu dengan cara berenang, aerobik, jogging dan bersepeda. Latihan kardio bisa dikerjakan dengan memakai bantuan alat fitnes, semisal; treadmill, sepeda statis dan peralatan fitnes yang lain.

Yang kedua, fitnes dengan cara latihan beban. Fitnes latihan beban berarti latihan fitnes yang menggunakan beban. Latihan beban saat fitnes ini menggunakan alat bantu berupa penggunaan beban.

[2] Zumba

Sejak beberapa tahun terakhir olahraga zumba kian populer di tengah-tengah masyarakat sebagai sebuah alternatif olahraga yang diyakini mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Keyakinan ini terjadi lebih banyak di kalangan perempuan terutama ibu-ibu dan remaja putri.

Bicara gerakannya, zumba takubahnya dengan senam aerobik, yaitu kita harus melakukan gerakan badan yang diiringi musik yang menghentak. Yang membedakan dari olahraga zumba yaitu pada koreografi. Zumba secara khusus memadukan jamak varian gerakan seperti; tarian, dansa, chacha, tango, dan flamenco.

Zumba selalu membangun suasana energik serta fun sehingga olahraga ini menjadi sangat menyenangkan untuk dilakukan. Manfaat yang paling signifikan setelah kita melakukan olahraga zumba yaitu membentuk badan yang indah dan menurunkan berat badan, pasalnya hampir semua gerakannya dirancang secara efektif guna mengencangkan otot-otot pada paha, pinggul, lengan, betis, dan bokong.
zumba sendiri diciptakan pada 1990 oleh seorang koreografer asal Kolombia; Alberto Perez - namanya.
Zumba sendiri diciptakan pada 1990 oleh seorang koreografer asal Kolombia; Alberto Perez - namanya.
LIHAT VIDEO ZUMBA DI SINI.

Di tanah air khususnya di kota-kota besar, jenis olahraga zumba mulai mashyur pada 2001-an. Dan zumba sendiri diciptakan pada 1990 oleh seorang koreografer asal Kolombia; Alberto Perez - namanya.

[3] Yoga Pilates

Olahraga yang juga kian banyak diikuti oleh masyarakat urban adalah yoga pilates. Tujuannya sama yaitu sebagai salah satu alternatif olahraga kebugaran. Takjarang dari masyarakat yang masih bingung membedakan antara yoga dan yoga pilates.

Pada dasarnya, prinsip dari kedua olahraga ini adalah sama, yoga dan yoga pilates memiliki unsur meditasi guna penyelarasan pikiran, jiwa, dan fisik. Bedanya yoga pilates merupakan kombinasi dari senam yoga dan senam pilates dan  memiliki yang terbilang cukup rumit sehingga membutuhkan latihan dengan intensitas bertahap yang bertujuan supaya bisa melakukan gerakan-gerakannya dengan sempurna.

Menurut para pakar, yoga pilates mampu membakar 250 kalori per jamnya. Bagi pemula atau yang baru mengenal olahraga yoga pilate disarankan agar secara disiplin mengikuti arahan instruktur serta tidak mengambil porsi yang berlebihan.

Pada dasarnya, prinsip dari kedua olahraga ini adalah sama, yoga dan yoga pilates memiliki unsur meditasi guna penyelarasan pikiran, jiwa, dan fisik.
Yoga Pilates
Yoga pilates cukup terkenal di kalangan ibu-ibu dan remaja putri ditambah lagi olaharga ini membawa dampak positif pada tubuh pelakunya. Efeknya sangat baik bagi kesehatan, khususnya kebugaran serta pembentukan tubuh untuk bisa ideal.

[4] Parkour

Parkour merupakan olahraga atau seni gerak akrobatik serta unik. Olahraga ini memerlukan porsi latihan yang tinggi agar bisa menguasainya. Aktivitas dengan cara berpindah dari satu tempat ke tempat seefisien dan secepat mungkin, itulah parkour.

Teknik parkour menuntut kemampuan badan manusia yang lincah serta enerjik. Dengan kemampuannya tersebut pelakunya mampu melintasi rintangan; cabang-cabang pohon dan bebatuan hingga bangunan tinggi atau tembok beton.

Berlatih parkour memiliki teknik-teknik khusus saat melompat, berputar di udara, salto serta mendarat dengan tepat tanpa terluka. Salah satu gerakan terbaik dari parkour yaitu gerakan melompat dari atas atap kemudian berputar di udara dan mendarat dengan sempurna.

Kedisiplinan adalah modal utama dari mempelajari parkour ditambah dengan membutuhkan kekuatan otot kaki dan respon yang cepat dari pelakunya.
Aksi dari atlit parkour.

Kedisiplinan adalah modal utama dari mempelajari parkour ditambah dengan membutuhkan kekuatan otot kaki dan respon yang cepat dari pelakunya. Pasalnya, apabila seorang atlit parkour berbuat lengah atau tidak fokus bisa berresiko membahayakan atau terluka saat bergerak cepat di udara.

[5] Muaythai

Muaythai kita tahu merupakan olahraga yang diimport dari Thailand. Masyarakat Indonesia taksedikit yang mengakui kalau muaythai terbilang seni bela diri yang memiliki banyak manfaat.

Selain untuk kebugaran tubuh, olahraga ini dipercaya juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menurunkan tingkat stress. Muaythai merupakan seni bela diri tangan kosong dengan berbagai teknik yang spesifik, jadi meskipun terbilang bela diri full body contact (keras), tapi memiliki perhitungan guna keamanan dan keselamatan diri pelakunya.

Muaythai
Muaythai
Di Thailand sendiri, olahraga ini berawal ketika para prajurit mulai kehilangan senjata sehingga senjata satu-satunya adalah diri mereka sendiri dan disebut juga sebagai Seni Beladiri Delapan Tungkai. Sebab muaythai memanfaatkan 8 (delapan) anggota tubuh untuk menyerang dan
bertahan, yakni; kedua kaki, tungkai, tulang kering, lutut, dan siku.

[6] Shadow Boxing

Sesuai dengan namanya, shadow boxing merupakan olahraga bertinju melawan bayangan sendiri. Sehingga Anda tidak memerlukan lawan atau sandsack tinju dalam olahraga ini. Hanya saja perlu kreatifitas saat Anda untuk menciptakan lawan imajinernya tersebut.

Anda harus harus mampu membayangkan serangan dari lawan anda dan mengelak lalu membalas serangan. Anda harus segera melancarkan teknik untuk menangkis dan membalasnya.

Shadow boxing sangat efektif dan terasa sekali manfaatnya guna melatih koordinasi dan kebugaran tubuh. Jamak dari petinju professional yang mengaplikasikan jenis latihan melawan bayangan sebagai salah satu persiapan sebelum bertanding yang sebenarnya.

Shadow Boxing
Shadow Boxing

Dengan semakin terbiasa berimajinasi bertinju melawan bayangan, pada akhirnya Anda akan memiliki kemampuan refleks dan responsif di saat menghadapi berbagai macam gerakan, termasuk saat berkelahi sungguhan.

[7] Futsal

Olahraga tim yang banyak peminatnya selain sepakbola adalah futsal. Namun, kalau sepakbola di lakukan di lapangan outdoor dan berumput. Kalau futsal hampit selalu dilakukan indoor dan lapangannya kalau tidak parquet, rumput sintetis.

Hampir sama dengan sepakbola, namun futsal hanya ber 10 orang, masing-masing tim berjumlah 5 orang dengan salah satu pemainnya sebagai penjaga gawang (goal keeper). Mengacu pada aturan FIFA, futsal dimainkan dalam 2 babak, per babaknya 35 menit.

Futsal
Futsal
Futsal tidak saja didominasi kaum laki-laki, tidak sedikit kaum perempuan yang berminat dengan olahraga ini dan bermain secara profesional. Sebab, futsal pun masuk ke dalam ajang kompetisi
Internasional, semisal; Asean Games, Sea Games serta Olimpiade.
BACA JUGA: Mengatur Nafas Saat Bermain Futsal
Bersepeda malam (cycling night).
Bersepeda malam (cycling night).

[8] Cycling Night atau Bersepeda di Malam Hari

Lazimnya, orang bersepeda di pagi hari dan di sore hari. Tapi tidak dengan olahraga yang kini semakin marak dilakukan; Cycling Night. Bersepeda pada malam hari saat ini tengah ngetrend.

Sebagai contoh, di Yogyakarta, setiap malam Jumat - jamak dari masyarakatnya yang meluangkan waktunya guna bersepeda malam (Cycling Night). Mulai dari kalangan pelajar baik laki-laki atau perempuan hingga orangtua.

Yang menarik, bersepeda malam taksaja menggunakan sepeda standar, pelakukanya malah berbuat di luar kebiasaan. Mereka takjarang yang merancang sepeda sesuai kreatifitas masing-masing sehingga menjadi sepeda yang unik. Seperti berlampu, diset menjadi Fixie atau sepeda gunung. Pemandangannya menjadi berlangsung dengan meriah, seperti sedang pawai sepeda, beriringan [w3/02]