Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Wow Hebat! Robert Marchand Pria Berusia 105 Tahun Pecahkan Rekor Bersepeda Sejauh 14 Mil dalam 1 Jam!

Memecahkan sebuah rekor bersepeda mungkin akan menjadi berita biasa aja jika yang menjadi pengendaranya memang wajar dari berbagai faktor; usia - misalnya.

Tetapi akan menjadi berita yang luar biasa bila pesepeda tersebut adalah seorang yang sudah berusia lanjut bahkan usianya sudah memasuki satu abad!

Melansir sebuah pemberitaan yang dirilis di internet menyebutkan seorang pesepeda bernama Prancis Robert Marchand telah memecahkan rekor dengan bersepeda sejauh 14 mil dalam satu jam padahal dia berusia 105 tahun.
TAHUKAH ANDA? Seseorang dengan usia melebihi atau pas satu abad disebut dengan Centenarian. Termasuk Marchand. 

Selain sebagai centenarian, sejak artikel ini rilis Marchand pun telah menjalani gaya hidup barunya sebagai vegetarian. Marchand sengaja mengubah pola makannya dengan menjadi seorang vegetarian sebulan sebelum upayanya memecahkan rekor.

Wow Hebat! Robert Marchand Pria Berusia 105 Tahun Pecahkan Rekor Bersepeda Sejauh 14 Mil dalam 1 Jam!

SAINT-QUENTIN-EN-YVELINES, Prancis, 6 Januari 2017 - Seorang pesepeda dari Perancis berhasil memecahkan rekor baru sebagai pesepeda tertua dengan (105 tahun). Pesepeda berusia seabad ini berhasil menjangkau perjalanan bersepeda sejauh 14 mil dalam tempo satu jam.
Wow Hebat! Robert Marchand Pria Berusia 105 Tahun Pecahkan Rekor Bersepeda Sejauh 14 Mil dalam 1 Jam!
Nama pria ini adalah Robert Marchand, dirinya berhasil menyelesaikan putaran sebanyak 92 lap dalam waktu satu jam di hadapan ratusan penonton di velodrome di Saint-Quentin-en-Yvelines, Perancis.

Menurut informasi dari The Guardian, Marchand pernah berujar "Rekor ini bisa saja lebih dari ini jika waktunya diperpanjang." Alasannya, Marchand tidak melihat peringatan bahwa waktu tinggal 10 menit lagi.

"Saya tidak melihat tanda peringatan kalau saya hanya memiliki 10 menit yang tersisa," katanya.

"Kalau saja saya tahu (peringatan 10 menit lagi), saya akan berusaha mempercepat laju sepedanya. Dan tentunya, saya akan mencatat waktu dengan lebih baik lagi," tegas Marchand.

Sebagai seorang pria dengan usia lebih dari 100 tahun, Marchand telah mengukir beberapa catatan prestasi bersepeda. Sebut saja; ermasuk bepergian 16 mil dalam satu jam pada usia 2012, dan kategori over-105s baru untuk mengakomodasi prestasi barunya.

"Menetapkan tujuan untuk dirinya sendiri adalah bagian dari kepribadiannya," kata pelatih Gerard Mistler.

"Tekadnya kuat, jika dia mengatakan bahwa dia ingin memperbaiki catatan, maka dia akan memegang komitmen tersebut. Sosok Marchand bisa kita jadikan contoh yang baik bagi kita semua," tambah Gerard Mistler.

Sebelum dilanjutkan, berikut ini pengertian dari VO2 max.
VO2 max merupakan kapasitas maksimum tubuh guna menyalurkan dan memanfaatkan oksigen saat rutin berolahraga. VO2 max mengindikasikan tingkat kebugaran fisik seseorang. VO2 max pun berperan sebagai salah satu faktor penentu kapasitas seseorang guna beraktifitas, semisal berolahraga dalam jangka waktu tertentu dan berkorelasi dengan daya tahan aerobic.

VO2 max diukur dalam bentuk “jumlah millimeter oksigen yang digunakan dalam 1 menit per 1 kilogram bobot tubuh”.

Ukuran ini secara umum dianggap sebagai indikator terbaik untuk menentukan kebugaran kardiovaskular dan daya tahan aerobic seorang atlet. Secara teori, semakin banyak oksigen yang mampu digunakan seseorang ketika melakukan aktifitas intens, semakin banyak energi yang dapat dihasilkan. Hal ini seringkali ditunjukan oleh atlet elit yang memiliki tingkat VO2 max tinggi.

VO2 Max Seorang Robert Marchand

Menurut tim kesehatan yang mendampingi Marchand saat mempersiapkan usaha pemecahan rekor bersepeda tersebut, menjelaskan saat ditanya kondisi VO2 Max seorang Robert Marchnad.

"Dia (Robert Marchand) fisiknya terbilang kecil namun hatinya sangat besar," kata Profesor Veronique Billat kepada CNN.

"V02 konsumsi max oksigen-nya sama dengan manusia yang berusia separuh lebih muda dari dirinya yang tidak melakukan olahraga."

Dalam persiapan rekornya, Marchand rajin melakukan senam aerobik selama 10 menit dilanjutkan dengan bersepeda indoor termasuk bersepeda di luar ruangan. Persiapan tersebut dilakukan secara konsisten empat kali dalam seminggu.

Tujuan Utama BUKAN Memecahkan Rekor

Saat ditanya apa tujuan utama dari semua yang telah dilakukannya ini? Marchand menjawabnya dengan tegas.

"Saya di sini tidak bertujuan untuk memecahkan rekor apapun. Saya melakukannya hanya ingin membuktikan bahwa pada usia 105 tahun, Anda masih mampu naik sepeda, Bisa!"

Wah hebatnya ya kakek ... Inspiring!

Asal Rujukan: 
upi.com/Odd_News/2017/01/06/105-year-old-cyclist-breaks-record-by-biking-14-miles-in-an-hour/3751483721278/
dunialari.com/memahami-vo2-max/