Berita:

SPONSOR UTAMA PRAGITA:

Kamu Mahasiswa? Aturlah Keuanganmu dengan 5 Tips Berikut!

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda dalam mengatur keuangannya. Ada orang yang pandai untuk mengatur keuangannnya agar kebutuhannya terpenuhi dan ada juga orang yang tidak bisa mengatur keuangannya hingga tenggat waktu yang ditargetkan.

Saat ini cukup banyak orang atau mahasiswa yang kesulitan untuk mengatur keuangannya agar kebutuhannya terpenuhi selama satu bulan. Jika kamu adalah salah satu orang yang termasuk ke dalam golongan tersebut, kamu bisa mulai belajar untuk mengatur keuanganmu dengan lima tips berikut.
1) Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan. Kamu harus menomorsatukan kebutuhanmu bukan keinginanmu. Jika kamu sudah mendapatkan uang sakumu selama satu bulan, sebaiknya kamu harus mulai menuliskan daftar kebutuhan sehari-hari yang kamu perlukan. 

Dan jangan lupa untuk mengestimasikan biayanya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan setiap harinya.

2) Jangan tergiur dengan diskon. Diskon memang menjadi godaan yang paling berat bagi para mahasiswa, khususnya untuk kaum wanita. Girls, sebaiknya kamu harus menutup matamu dengan kain yang sangat tebal agar matamu tidak tergiur dengan diskon yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan yang kamu kunjungi.

Jika kamu tergiur dengan tawaran diskon tersebut, maka bersiaplah untuk mengikat perutmu kencang-kencang pada akhir bulan nanti.

3) Usahakan untuk meminimalisir biaya tugasmu. Biasanya para mahasiswa cukup sering diberi tugas untuk membuat makalah. Bagi mahasiswa yang tidak mau repot, pasti ia akan memilih mencetak tugas makalahnya di percetakan yang dekat dengan kampus.

Tahukah kamu kalau harga mencetak di percetakan lebih mahal 2-3 kali lipat dibandingkan dengan mencetak sendiri di rumah.

Oleh karena itu, kamu masih bisa meminimalisir pengeluaran biaya tugasmu dengan memprint sendiri tugas makalah yang diberikan oleh dosenmu dengan printer yang ada di rumahmu. 


Jika kamu belum memiliki printer sendiri, kamu bisa membelinya secara mudah dan cepat di online shop yang jual printer murah terbaik MatahariMall.

4) Jajan sembarangan itu tidak baik. Kamu bisa mengurangi porsi jajanmu. Kurangilah mengonsumsi makanan ringan seperti batagor ataupun jajanan ringan lainnya dengan begitu kesehatan dan kantongmu akan tetap bisa terkendali.

5) Kurangi jadwal hangout-mu. Jika biasanya kamu melakukan hangout bersama temanmu sebanyak empat kali dalam waktu satu bulan, kamu bisa mengurangi jadwal hangoutmu itu menjadi dua kali dalam sebulan untuk memperkecil pengeluaranmu. [w3/11_shi]