Tips Praktis Merawat Pakaian Berbahan Sutra

Pemilihan bahan pakaian dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Pakaian yang menarik dengan bahan berkualitas tentu membuat si pemakainya kelihatan berkelas. Salah satu jenis bahan pakaian yang berkualitas dan elegan adalah sutra.

Tips Praktis Merawat Pakaian Berbahan Sutra
foto: internet
Tidak hanya pakaian saja, bahan sutra juga kerap dimanfaatkan untuk membuat mukena. Kini toko mukena murah bukan cuma ada di pasar atau pusat perbelanjaan. Karena mukena dengan beragam bahan dan motif juga ada di MatahariMall. Jadi, jika ingin membeli mukena baru tentu saja kita bisa mengakses situs MatahariMall dengan mudah.

Soal mukena sutra yang sudah kita miliki, kita bisa merawatnya dengan mudah jika sudah memahami tips-tips praktis ini:
Memilih Metode Dry Cleaning
Dry cleaning adalah metode yang paling tepat untuk menjaga keawetan mukena sutra. Karena metode ini membuat kain sutra tidak kontak langsung dengan air. Usahakan untuk lebih sering menggunakan metode ini. Sedangkan mencuci mukena sutra dengan air bisa dilakukan sesekali saja.

Jangan Menggunakan Mesin Cuci
Putaran mesin cuci yang terlalu kencang bisa merusak tekstur mukena sutra. Bahkan bukan mustahil mukena menjadi sobek karena dicuci di mesin cuci. Sebaiknya kita mencuci mukena sutra dengan tangan agar hasilnya lebih maksimal dan mukena sutra tetap awet.

Sabun Khusus Kain Sutra
Sabun khusus kain sutra akan mempertahankan warna dan tekstur mukena sutra kesayangan kita. Tetapi bila tidak memiliki sabun khusus kain sutra, kita bisa menggunakan shampo untuk mencuci mukena sutra. Tekstur shampo jauh lebih lembut dari deterjen sehingga tidak akan merusak sutra.

Menjemur Mukena Sutra di Tempat Teduh
Menjemur kain sutra tidak boleh dilakukan di bawah terik matahari. Karena panasnya sinar matahari dapat membuat warna sutra lekas memudar. Ketika sudah selesai mencuci mukena sutra, jemurlah di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Cara Menyetrika yang Tepat
Kain sutra yang teksturnya halus tidak boleh disetrika dengan temperatur yang panas. Sebaiknya kita menyetel setrika pada temperatur sedang dan menggunakan kain katun sebagai pelapis mukena sutera. Cara ini bertujuan agar mukena sutra lebih awet dan tidak mudah rapuh. [adv_HI]
Diberdayakan oleh Blogger.