Latihan Yoga di Rumah

Latihan yoga tidak harus dilakukan di tempat fitness atau di tempat olahraga lainnya, latihan yoga bisa dilakukan di rumah. Ada 4 gerakan yoga yang dengan mudah bisa dilakukan di rumah, antara lain: putaran relaksasi, pose bocah, melayang dan mengalir, relaksasi atas bawah. Bagaimana uraian keempat gerakan yoga yang bisa dilakukan di rumah tersebut? Ikuti saja penjelasan selanjutnya ...

Latihan Yoga di Rumah
Latihan Yoga di Rumah
Putaran Relaksasi. Gerakan ini bertujuan guna melepaskan diri dari keletihan. Tubuh yang digerakkan memutar ke belakang akan membantu saat melepaskan kepenatan pada tulang punggung. Berikut 6 hal yang berhubungan dengan putaran relaksasi.
  1. Duduklah dengan bersila, pandangan lurus ke depan,
  2. Ulurkan tangan kanan ke depan menyentuh lutut kiri. Letakkan tangan kiri pada matras di belakang tubuh dengan jarak  sekitar 5 sampai dengan 10 cm. Jaga siku tetap lemas dan tidak kaku.
  3. Saatnya mengatur nafas; tarik nafas dan biarkan tulang punggung lurus dan tinggi.
  4. Hembuskan nafas sambil memutar tubuh ke arah kiri teruskan berputar lebih ke belakang.
  5. Kendurkan sedikit putaran tubuh, lalu tarik nafas sambil tubuh berputar kembali ke arah depan.
  6. Ulangi gerakan ini pada posisi sebaliknya.
Posisi Bocah. Posisi ini merupakan pengantar tidur yang baik serta membantu melemaskan punggung dan bahu. Posisi ini pun menjadikan tubuh rileks. Langkah-langkah yang dapat diambil saat melakukan gerakan posisi bocah.
  1. Taruh dua tumpukan bantal di tempat tidur atau matras, berlututlah di depannya.
  2. Jepit tumpukan bantal pertama dengan kedua paha. Duduki tungkai Anda, lalu letakkan dada, bahu, dan kepala pada tumpukan bantal yang kedua. Jika Anda merasa tidak nyaman atau sakit pada lutut, mata kaki, atau kaki, letakan bantal kecil atau lipatan handuk di belakang lutut.
  3. Lakukan gerakan ini sampai pikiran Anda tenang.
Melayang dan Mengalir. Pundak yang melengkung lembut akan membuka hati dan tulang punggung yang meliuk akan membuat nafas berhembus teratur. Dan tubuh pun akan mengalir laksana air. Ada 3 langkah yang bisa Anda lakukan saat melatih gerakan melayang dan mengalir, yaitu;
  1. Letakkan satu atau dua bantal pada tempat tidur atau matras.
  2. Berbaringlah terlentang dengan posisi punggung di atas bantal tersebut, sedangkan bahu dan kepala menempel pada matras. Apabila terasa kurang nyaman, tambahkan bantal kecil atau lipatan handuk di bawah leher, atau lipatan selimut di bawah lutut untuk mengurangi ketegangan pada punggung.
  3. Tekuk lengan ke atas di sisi kepala lalu atur posisi tubuh sampai terasa nyaman. Biarkan tubuh menjadi lemas, mengikuti lekuk bantal dan selimut.
Relaksasi Atas Bawah. Maksud dari gerakan ini untuk menyegarkan jantung dan paru-paru yang mampu membuat seluruh tubuh menjadi tenang. Posisi tempat tidur atau matras harus menempel ke tembok. Berikut ini 4 langkah yang bisa dilakukan saat melatih relaksasi atas bawah.
  1. Tidurlah terlentang dengan posisi sejajar tembok, dan berilah jarak sekira 1 kaki dari tembok.
  2. Angkat kedua kaki lurus ke atas dan putar tubuh sehingga Anda menghadap tembok. Pilih posisi paling nyaman guna mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Jika kaki pegal, sandarkan ke tembok atau tekuk lutut sedikit.
  3. Angkat perut, lalu selipkan sebuah bantal atau lipatan selimut di pinggang belakang. Posisikan tangan ke atas sehingga dada terbuka. Lemaskan dagu dan leher, bila perlu selipkan bantal kecil atau lipatan handuk kecil di belakang leher sehingga Anda benar-benar merasa nyaman.
  4. Tarik dan hembuskan nafas dengan perlahan sampai Anda merasa rileks. Bila ingin berhenti yang harus dilakukan adalah menekuk lutut dan berguling ke samping. Ambil beberapa tarikan nafas guna merasakan efek dari posisi ini sebelum Anda bangun.
Tips Latihan Yoga di Rumah
  • Lakukanlah di waktu senggang, walaupun relatif singkat waktu yang tersedia Anda tetap perlu ketenangan dan tanpa harus merasa 'diburu' waktu.
  • Lakukan latihan ini sebelum tidur, karena saat itu waktu yang tepat untuk melakukan yoga dan tidur menjadi berkualitas.
  • Bila sebelum tidur tidak memungkinkan untuk latihan yoga maka lakukanlah setelah bangun tidur, hal ini bisa membuat Anda nyaman saat beraktifitas sepanjang hari dan baik sehingga baik untuk kinerja Anda.
  • Lakukanlah latihan di tempat yang sejuk, tujuannya agar bisa konsentrasi tidak terganggu. Lain halnya bila latihan yoga di rumah yang terkena paparan sinar matahari yang menyebabkan tubuh terkena panas terik matahari.
  • Lakukan di saat perut kosong, itulah waktu yang ideal bagi Anda yang akan berlatih yoga di rumah. Bila terlanjur perut terisi lakukanlah setelah 2 atau 3 jam sesudah makan. Sebab perut yang kekenyangan tidak nyaman melakukan gerakan yoga.  
Itulah sekilas informas fitness, Latihan Yoga di Rumah. Dengan berlatih yoga seperti di atas diharapkan tubuh akan terasa rileks sehingga akan ringan saat bergerak dan tidak menghabiskan banyak tenaga.
Diberdayakan oleh Blogger.