5 Kiat Latihan Beban dengan Tepat

Membiasakan diri latihan beban sangat bermanfaat guna menurunkan berat badan. Selain itu, latihan beban pun berguna untuk pembentukan otot tubuh. Semua manfaat itu bisa didapatkan dengan syarat dilakukan dengan teratur dan tepat.

Perlu diketahui, metabolisme tubuh manusia akan mengalami penurunan dan melambat 3% setiap 10 tahun. Pada saat itu massa otot mulai menyusut, sedangkan produksi lemak di dalam tubuh meningkat. Takmengherankan bila seiring bertambahnya usia tubuh mengalami kegemukan. Diperlukan kiat yang tepat agar bisa mengimbangi perubahan metabolisme tubuh tersebut, yaitu dengan latihan beban.

Agar bisa mengantisipasi hal-hal yang takdiinginkan terkait perubahan metabolisme tubuh, sebaiknya Anda mulailah berlatih sejak sekarang. Dari hasil penelitian, berlatih beban dalam kurun waktu 3 bulan rutin selama 15 hingga 20 menit sehari atau 2 hingga 3 kali seminggu akan meningkatkan beban otot sekira 1,4 kg. Selain itu, latihan beban ini pun akan meningkatkan metabolisme sekira 7% serta mampu membakar 105 kalori tambahan per hari.

Berikut ini 5 Kiat Latihan Beban dengan Tepat yang bisa pembaca lakukan langsung dari pakarnya.
  1. Memilih beban yang tepat. Memilih  beban yang ringan tidak akan memberikan tantangan pada otot. Sehingga saat berlatih beban seseorang tidak akan mendapatkan kekuatan maksimal. Sebaiknya, tidak usah  menggunakan beban yang terlalu berat kuatir malah mencederakan. Untuk itu, pergunakanlah beban sesuai kemampuan. Setelah dirasa nyaman, barulah Anda menambah beban secara bertahap.
  2. Latihan Beban Dilakukan dengan Perlahan. Saat berlatih, Anda tdak perlu melakukan gerakan dengan terlalu cepat sebab hal ini selain tidak efektif akan menyebabkan risiko cedera. Dalam membangun kekuatan otot memerlukan adaptasi, maka lakukan gerakan mengangkat selama 2 detik sedangkan lakukan gerakan menurunkan selama 4 detik.
  3. Atur napas. Dalam Mengatur Nafas seringkali terjadi kesalahan seperti saat membuang nafas. Pengaturan nafas yang salah ketika sedang berlatih kekuatan bisa berdampak sulit dalam melakukan gerakan bahkan mengacaukan tekanan darah.
    5 Kiat Latihan Beban dengan Tepat
    5 Kiat Latihan Beban dengan Tepat
    Cobalah Anda menarik napas melalui hidung sambil mengangkat beban dan mengeluarkan napas melalui mulut ketika melepaskan beban.
  4. Susunlah Jadwal Latihan yang Baik. Jadwal latihan beban yang baik harus tersusun dengan teratur serta terperinci. Contohnya; hari Senin latihan otot dada, kemudian hari Rabu latihan otot kaki, lalu hari Kamis latihan otot punggung dan seterusnya. Dalam menyusun jadwal tidak boleh berlatih satu minggu penuh. Sebaiknya Anda menyisihkan 1 atau 2 hari untuk jeda atau istirahat. Pasalnya dengan tubuh beristirahat yang cukup akan membuat otot tumbuh.
  5. Mulailah Memakan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Mengonsumsi makanan sehat merupakan satu hal yang takkalah penting untuk dilakukan. Sebaiknya tubuh Anda dijaga keseimbangan nutrisinya. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran Anda sudah melakukan tindakan yang baik, sebab itu merupakan makanan sehat dalam mendukung program 5 Kiat Latihan Beban dengan Tepat. Hindarilah mengkonsumsi fast food alias makanan cepat saji sebab rata-rata mengandung kalori serta lemak yang tinggi. Untuk itu Anda bisa menggantinya dengan makanan yang tinggi akan proteinnya, seperti; dada ayam, telur, dan daging yang akan membantu mendongkrak perkembangan otot tubuh Anda dengan lebih maksimal. 
Artikel ini ditulis oleh pakar diet, nutrisi dan fitness L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt dengan sedikit perubahan yang disunting oleh tim redaksi dari Blog Trik Mengatur Nafas.
Diberdayakan oleh Blogger.