Trik Mengatur Nafas untuk Pelari

Pada artikel Trik Mengatur Nafas untuk Pelari kali ini akan diuraikan tentang pengalaman dari empu-nya tulisan. Dari tulisannya di forum Kaskus disebutkan, dirinya sempat mau pingsan saat harus mengitari lapangan sebanyak 2 kali - padahal bukan perokok! Sejak saat itu, dirinya mencari tahu tentang teknik nafas saat berlari.

Trik Mengatur Nafas untuk Pelari
Trik Mengatur Nafas untuk Pelari
Dari mempelajari tentang Trik Mengatur Nafas untuk Pelari diperoleh teori tekniknya sebagai berikut.
Para ahli akan berkata bahwa untuk sepenuhnya mengoksidasi otot dan membersihkan badan dari karbondioksida, Anda seharusnya bernafas menggunakan teknik hirup-dan-buang dengan perbandingan 3:2, dengan mengambil dan membuang nafas secara enuh.

Untuk simpelnya, silakan ambil nafas penuh saat melangkahkan kaki KIRI → KANAN → KIRI , lalu buang nafas sepenuhnya saat melangkahkan kaki KANAN → KIRI berikutnya.

Silakan ulangi, ambil nafas, KIRI → KANAN → KIRI dan mulai buang nafas KANAN → KIRI. Ambil dan buang nafas anda secara bertahap.

Pola ini nggak sulit untuk dipraktekkan dan diaplikasikan untuk menjadi kebiasaan, namun membutuhkan beberapa kali latihan dengan berlari kecepatan lambat untuk menguasai teknik pernafasan ini. Rasakan, detak jantung Anda akan tenang dan tidak ngos-ngosan saat berlari atau berjalan cepat ketika Anda sudah mulai membiasakan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen dan membuang semua karbondioksida dari tubuh saat menerapkan teknik bernafas ini.

Alamiahnya, mungkin pola nafas Anda akan turun menjadi perbandingan 2:1 beberapa kali. Anda akan kesulitan untuk mempertahankan kecepatan lari ketika bernafas dengan teknik 2:1 ini, dan menyebabkan karbondioksida dalam tubuh meningkat.

Karena meningkatnya kadar CO2 (karbondioksida) di dalam tubuh saat anda bernafas dengan pola nafas yang pendek dan terburu-buru ini, maka hal ini juga akan menyebabkan meningkatnya detak jantung juga produksi asam laktat dalam tubuh, sekaligus menurunkan daya tahan Anda saat berlari, juga saat latihan kardio lainnya.

Itulah sekilas tentang Trik Mengatur Nafas untuk Pelari yang merupakan pengalaman langsung si penulis yang di-share di Forum Kaskus.

Sila kunjungi tautannya di sini: http://www.kaskus.co.id/thread/52480df53c118e026b000002/teknik-nafas-saat-berlari-yang-ga-kuat-lari-masup
Diberdayakan oleh Blogger.